BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Di era globalisasi sekarang ini, bisnis restoran tergolong usaha yang
sangat menarik dan menjanjikan, alasannya setiap hari semua manusia
pasti memerlukan makanan dan minuman untuk kelangsungan hidupnya. Karena
itulah prospek bisnis restoran akan selalu cerah.
Agar sebuah restoran maju dan berkembang maka restoran tersebut harus
mampu membidik pelanggannya di segmen tertentu atau segmen khusus.
Harian Bisnis Indonesia mencatat, omzet bisnis restoran dengan segmen
khusus tetap tumbuh 10-30% per bulan meski masyarakat belakangan ini
berhati-hati membelanjakan rupiahnya sebagai dampak dari krisis global.
Bahkan, beberapa pebisnis restoran berani menyebutkan bahwa
laba bisnis ini sangat besar, bisa mencapai 150% atau lebih. Tentunya
laba sebesar itu hanya berlaku bagi restoran-restoran yang sudah
berhasil menjaring konsumen untuk menjadi pelanggan restoran tersebut
dalam jumlah yang besar .
Hal itulah yang membuat usaha di bidang makanan dan minuman
ini menjadi salah satu bisnis terfavorit dibanding sektor usaha lainnya,
sehingga bisnis ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin
mencoba peruntungannya di bisnis tersebut.
Ada yang membuka restoran dengan menggunakan merk atau nama dagang
sendiri ada pula yang membeli merk restoran yang sudah terkenal dengan
sistem waralaba (franchaise).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar